🍃 *PENTINGNYA SERVICE EXCELENT TOKO ONLINE*
(emakpintar.asia)
Mengelola sebuah toko online, sebenarnya gampang-gampang susah ya, Mak. Butuh kesungguhan dan semangat pantang menyerah untuk bisa sukses. Termasuk kesungguhan dan komitmen Emak dalam melayani konsumen. Mempunyai service yang excelent itu penting. Pelayanan yang memuaskan akan membuat konsumen puas, bahkan bisa menjadi langganan setia. Lebih dari itu, mereka akan merekomendasikan toko online Emak kepada keluarga atau teman-temannya. Nah, menyenangkan kan? Apa saja sih point-point dari service excelent itu:
1. Gunakan bahasa dan tulisan yang baik, jangan alay
Konsumen toko online biasanya berkomunikasi dengan seller via sms, bbm, wa, atau jaringan internet lainnya, enggak bertemu langsung dengan penjual. Nah, ketika menjawab pertanyaan konsumen, usahakan menggunakan bahasa dan tulisan yang baik dan sopan. Dengan begitu, konsumen akan merasa dihormati.
2. Service after sales
Maksudnya adalah perhatian Emak, setelah barang itu dikirim kepada konsumen. Tanyakan apakah barangnya sudah sampai atau belum, barangnya cocok atau tidak. Perhatian yang seperti itu membuat konsumen merasa nyaman belanja pada Emak.
3. Akhiri chating dengan ucapan terima kasih dan doa
Belanja di toko online, biasanya transaksi dilakukan tanpa bertemu muka secara langsung, tapi melalui koneksi internet. Di dunia maya, disebut dengan chating. Nah, di akhir chating ini Emak biasakan untuk menutupnya dengan salam dan doa. Semua orang pasti akan merasa senang jika mendapatkan ucapan terima kasih dan doa kebaikan. Insya Allah, hal ini akan memberikan kesan yang mendalam bagi mereka.
4. Bungkus paket dengan rapi
Membungkus paket dengan rapi enggak kalah penting. Siapa pun akan merasa senang dan tersanjung jika menerima sebuah bingkisan yang rapi dan cantik. Meskipun ketika sudah di ekspedisi, enggak tahu bagaimana paket itu diperlakukan. Setidaknya niat Emak untuk memuaskan konsumen sudah terekam dengan baik.
5. Merespon dengan cepat dan ramah
Respon yang cepat dan ramah dari seller, membuat konsumen merasa dihargai dan diperhatikan. Mereka akan merasa nyaman berkomunikasi dengan Emak. Bukan tidak mungkin, suatu saat mereka kembali belanja, karena puas dengan pelayanan yang Emak berikan. Bahkan merekomendasikan kepada teman-teman dan saudara mereka.
Jadi kesan pertama begitu 'menggoda' itu sangat penting dalam sebuah komunikasi bisnis. Selanjutnya, rasakan 'kenikmatannya', yaitu kepercayaan konsumen yang tinggi kepada online shop Emak.


09.06
Aliana
Posted in: 
0 komentar:
Posting Komentar